Kamis, 12 Januari 2017

Akibat membuka restoran non vege


Petikan Ceramah Venerable Ding Hong :
Memilih mata pencaharian membunuh akhirnya para makhluk datang menagih hutang nyawa

Maka itu mata pencaharian membunuh menciptakan karma buruk ini pada akhirnya para makhluk akan datang menagih hutang nyawa, walaupun anda melafal Amituofo, juga harus menerima balasan ini.

Contohnya Upasaka Huang Jin-xuan, beliau merupakan orang baik, sangat berbakti pada ayahbunda, di dalam keluarga menjalani peranannya dengan baik, menunaikan kewajibannya dengan penuh tanggung jawab, jujur, setelah belajar Ajaran Buddha juga memberi dukungan bagi perkembangan Buddha Dharma, terhadap guru kita Master Chin Kung, juga sangat menghormati, belajar dengan tekun, terhadap kami para praktisi berusia muda juga sangat memberi dukungan dan perlindungan.  

Saya juga merasakan perhatian yang diberikan olehnya, setiap kali saya singgah di Singapura, beliau senantiasa menjagaku, terutama ketika saya ditabhiskan jadi Bhiksu, beliau amat bersukacita, bagaikan putra kandungnya yang memasuki Sangha.

Saya menasehatinya supaya melepaskan kemelekatan, beliau juga menerima saranku, sungguh berjodoh dengannya, beliau ini orang yang sangat baik. Lantas kenapa pula saat berusia lanjut divonis menderita kanker stadium akhir, mengalami siksaan yang begitu sengsara?

Ketika rasa sakit menyerang, dia akan mengerang kesakitan, sungguh menyayat hati. Ternyata sebelumnya beliau mengelola sebuah hotel, di dalam hotel ada restoran yang menyediakan menu daging, sehingga setiap hari ada pembunuhan. Dia adalah bos, beban hutang nyawa ini tentu saja dibebankan pada dirinya, sehingga saat menjelang ajal, para makhluk ini tentu saja datang mencarinya, dia jatuh sakit dan menderita, melafal Amituofo juga tidak bisa menyelesaikan masalah.

Lantas saat begini apa gunanya melafal Amituofo? Yakni membantu meringankan beban karmanya, dosa berat yang dilakukannya, balasannya adalah saat ajal menderita kesakitan, ini sudah terhitung hukuman ringan, tidak sampai menghalangi upaya terlahir ke Alam Sukhavati.

Tetapi kalau berharap bisa terlahir ke Alam Sukhavati dengan bebas tanpa rintangan, maka sekarang janganlah berbuat jahat, lagi pula mesti bertobat atas karma buruk yang telah pernah dilakukan sebelumnya, kembali ke jalan yang benar, perbanyak menimbun berkah.

Berkah yang ditimbunnya masih belum mencukupi, sehingga saat menjelang ajal masih jatuh sakit, saat menjelang ajal apabila bisa terlahir ke Alam Sukhavati dengan bebas tanpa rintangan, ini membutuhkan pahala yang sedemikian besarnya!

Oleh karena dia belum mendanakan harta kekayaannya secara menyeluruh, dia cuma mendanakan satu bagian kecil saja dari total harta kekayaannya, andaikata beliau bersedia mendanakan keseluruhan harta bendanya, seperti diriku ini (Venerable Ding Hong), tidak perlu menabung di bank, juga tidak butuh harta benda, seluruhnya didanakan untuk mendukung perkembangan Buddha Dharma, saya percaya rintangan karma buruknya pasti dapat tereliminasi.     

Tetapi di dunia ini beliau juga masih memiliki tanggung jawab terhadap putra-putrinya, mereka tidak mendalami Ajaran Buddha, cuma ada satu saja yakni putra sulungnya yang belajar Ajaran Buddha, sehingga beliau mesti meninggalkan warisan dan membagi secara adil kepada putra-putrinya, ini merupakan aturan di dunia ini, meskipun demikian, berkah yang ditimbun beliau hanyalah secuil saja.

Dipetik dari : Ceramah Venerable Ding Hong
Judul : Tanya Jawab Belajar Ajaran Buddha
Serial ke-4
Tanggal : 3 Mei 2012
Bertempat di : Tokyo Jepang



所以杀生造业到最后,众生都来算帐,即使你念佛,念佛也得受这种恶报。就像黄金宣老居士,我们就看得很清楚,他这好人,很孝顺父母,敦伦尽分,为人很正直,学了佛之后又护持正法,对师父老人家是非常的敬仰,很虔诚的学习,对我们这些年轻人特别爱护。我感觉到他对我也特别爱护,每次我路过新加坡,他都特别的照顾我,我出家之后他特别欢喜,就好像真的自己亲生儿子一样。我给他的建议,我劝他放下,他也都挺采纳我的意见,跟他也特别有缘,非常好的人。那临终的时候为什么会得癌症晚期,受那么多苦?他痛起来也是呻吟,也是挺难受,就是因为他生前经营酒店,酒店里面有荤食馆,荤食馆里就有杀生。他是老板,帐也算在他头上,所以临终的时候那些众生肯定来找他,他就有病有苦,念佛也解决不了问题。念佛是什么?也是重罪轻报,你这罪重,通过你临终受点苦,也算轻报了,不障碍你往生就行了。但是你想自在往生,你就现在不能造业,而且过去造了业,就得要忏悔、回头,而且多修福。他修的福还是不够,所以临终的时候还是现病苦,临终自在往生那是多大的福报!因为他还没有全部布施,他布施还是他财产的一小部分而已,假如他全拿出来布施,像我这样,又不要银行存款,又不要财产,全拿出来护持正法了,我相信他什么业都能消,肯定的。毕竟这个世间他要有个交代,他儿女不怎么学佛,有一个大儿子学佛,其他的没怎么学,那当然他都是要把财产平均分配,这是世间人的正道,但是这个福就修得小,所以是这个道理。好,谢谢。

  选自 学佛答问  定弘法师主讲  (第四集)  2012/5/3  日本东京